RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTs
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VII /Ganjil
Tema : “al kalam" الألوان
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji
dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Arab sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1
Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2
Menunjukkan perilaku motivasi internal
(intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam
mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana
tentang topik: الألوان
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2
Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan
merespon tentang:
الألوان
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3
Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang topik:
الألوان
C.
Indikator
1.1.1
Peserta didik mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.1
Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman..
4.1.1 Menirukan contoh ungkapan sederhana
yang mengandung kata tanya dengan jawabnnya yang benar
4.1.2 Menghafalkan
ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya
dengan jawabnnya yang benar
4.1.3 Melakukan
tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar
4.2.1 Memperagakan ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon dalam teks
dialog baik tanpa teks (hafalan) atau dengan teks
4.2.2 Memperagakan
teks hiwar dengan tepat
4.2.3 Mampu
bertanya dan menjawab dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
4.2.4 Menggunakan
/ mengucapkan mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat
Menceritakan kembali tema yang dipelajari menggunakan ungkapan sederhana
dengan baik dan benar
.
D.
Materi Pembelajaran
Wacana lisan dan tulis tentang: الألوان
إِقْرَأْ
كَمَا فِي المِثَالْ!
لَوْنُ الحَقِيْبَةُ بَيَضَاءُ
|
|
لَوْنُ البَالُوْنُ رَمَادِىُّ
|
|
لَوْنُ البُرتُقَالُ بُرتُقَالِىُ
|
|
لَوْنُ السّبًوْرَةُ سَوْدَاءُ
|
|
لَوْنُ المَوْزُ أصفَرُ
|
|
لَوْنُ القَلَمُ أَزْرَقُ
|
|
لَوْنُ السَّاعَةُ خَضَرَاءُ
|
|
لَوْنُ الوَرْدَةُ حَمْرَاءُ
|
|
لَوْنُ البَيْتُ
كرِيْمِي
|
|
لَوْنُ الخِدَاءُ وَرْدِيُّ
|
|
لَوْنُ البَاذِنْجَانُ بَنَفْسَجِىُّ
|
|
|
|
إِقْرَأْ
كَمَا فِي المِثَالْ!
هَذَا قَلَمٌ لَوْنُهُ أَزْرَقُ
|
|
ذَلِكَ مَوْزٌ لَوْنُهُ أَصْفَرُ
|
|
هَذِهِ حَقِيْبَةٌ لَوْنُهَا
أَبْيَضُ
|
|
تِلْكَ سَبُّوْرَةٌ لَوْنُهاَ
أَسْوَدُ
|
|
عِنْدِيْ خَمْسُ بَالُوْنَاتْ
مُتَنَوِّعَةُ الْأَلْوَانْ
أَخْضَرْ أَصْفَرْ وَأَرْمَدْ
أَحْمَرْ زَاهِي وَأَزْرَقْ
يَنْفَجِرْ بَالُونْ أَخْضَرْ ... دَرْ !
فَقَلِقٌ فُؤَادِي
يَبْقَى الْبَالُونْ أَرْبَعَةْ
أَمْسِكُهَا بِقُوَّةْ
Fungsi sosial
a. Mengenalkan
b. Mengidentifikasi
1.
Struktur teks
a. Memperkenalkan diri
b. Lokasi yang digambarkan
2.
Unsur kebahasaan
a.
Kata tanya : ما؟، هل؟
b.
Isim isyarah : هذا، هذه، تلك، ذلك
b Penyebutan
jumlah ismiyah : الألوان
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||
Ø
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
|
10 menit
|
||||||
Ø Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||||||
Ø
Penutup
|
10 menit
|
F. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Sikap
-
Penilaian Diri
-
Penilaian Jurnal
-
Penilaian Observasi
-
Penilaian Teman Sebaya
b.
Pengetahuan
-
Tes Lisan
-
Penugasan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda
c.
Keterampilan
-
Penilaian Portofolio
-
Penilaian Proyek
-
Penilaian Unjuk Kerja
1.
Bentuk Instrumen dan instrument
2.
Pedoman Penskoran
Jenis/TeknikPenilaian
|
Bentuk Instrumen
Dan Instrumen
|
Pedoman Penskoran
|
|
a.
Sikap
|
Diri
|
Terlampir
|
terlampir
|
|
Jurnal
|
Terlampir
|
terlampir
|
|
Observasi
|
Terlampir
|
terlampir
|
|
TemanSebaya
|
Terlampir
|
terlampir
|
b. Pengetahuan
|
TesLisan
|
Terlampir
|
terlampir
|
|
Tertulis Uraian dan atau PG
|
Terlampir
|
terlampir
|
|
Penugasan
|
Terlampir
|
terlampir
|
c.
Keterampilan
|
Portofolio
|
Terlampir
|
terlampir
|
|
Proyek
|
Terlampir
|
terlampir
|
|
UnjukKerja
|
Terlampir
|
terlampir
|
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
dilakukan segera setelah kegiatan penilaian
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Ø Media :
o Gambar power pint, video.
Ø
Alat/Bahan :
o
Laptop,
o
Lcd
Proyektor, Slide
Ø Sumber Belajar :
o
Buku
Paket Bahasa Arab kelas VII, kamus
o
Buku-buku
lain yang relevan
H. PENILAIAN
A.
Penilaian
a.
Ranah yang dinilai : sikap dan Performansi berbahasa Arab (maharah
kalam)
b.
Teknik Penilaian : Observasi dan Performansi
c.
Instrumen : Lembar observasi sikap dan performansi (maharah
kalam).
d.
Contoh Instrumen Penilaian
1)
Sikap Spiritual
No
|
Butir KD yang Dinilai
|
Indikator
|
Jumlah butir instrumen
|
1
|
Mensyukri Anugrah Tuhan
|
Membiasakan
penggunaan bahasa Arab sebagai alat komunikasi di kelas maupun di luar kelas
dengan guru dan teman..
|
1
|
membiasakan hadir tepat waktu
dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di kelas.
|
1
|
||
Selelu mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru bahasa Arab.
|
1
|
Contoh Implementasi:
a.
Rentangan Skor
Skor
|
Kreteria
|
Kualifikasi
|
4
|
Selalu melakukan (≥
3.5)
|
Sangat baik
|
3
|
Sering melakukan (
2,5 s.d 3,4)
|
baik
|
2
|
Kadang-kadang/jarang
melakukan (1,5 s.d 2,4)
|
cukup
|
1
|
Tidak pernah
melakukan (≤ 1,4)
|
kurang
|
b. Contoh
Lembar Observasi Teknik Penskoran
Kelas : VII
Semester : Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Waktu Pengamatan : Pada waktu jam pelajaran
KD yang diamati : Mensyukuri Anugrah Tuhan
Indikator Sikap :
Lihat pada uraian di atas.
No
|
Nama
|
Skor Sikap Spiritual
|
Jumlah
|
Skor Akhir
|
Kualifikasi
|
||
Indikator 1
|
Indikator 2
|
Indikator 3
|
|||||
1
|
Nurul
|
3
|
3
|
4
|
10
|
(10:12) x 4= 3.3
|
baik
|
2
|
Nuril
|
4
|
4
|
4
|
12
|
(12;12) x 4= 4
|
Sangat baik
|
3
|
Nona
|
3
|
4
|
4
|
11
|
(11:12) x 4 = 3.7
|
Sangat baik
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
2) Sikap Sosial
No.
|
Butir KD yang Dinilai
|
Indikaator
|
Jumlah butir instrumen
|
1
|
Santun
|
· Meyampaikan salam
kepada guru dan teman pada saat bertemu dengan menggunakan bahasa Arab yang
baik dan benar.
|
1
|
· Menyampaikan salam
kepada guru dan teman pada saat pamitan (berpisah) dengan menggunakan bahasa
Arab yang baik dan benar
|
1
|
||
|
|
· Meminta izin kepada
guru ketika hendak izin keluar kelas dengan menggunakan bahasa Arab yang baik
dan benar.
|
1
|
2
|
responsif
|
· Merespon salam guru
dan teman dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar.
|
1
|
· Merespon pertanyaan
guru dan teman dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar
|
1
|
||
3
|
Kooperatif
|
· Berkomunikasi dengan
teman secara berpasangan yang terkait dengan keluarga
|
1
|
Contoh Implementasi:
a.
Rentangan Skor
Skor
|
Kreteria
|
Kualifikasi
|
4
|
Selalu melakukan
|
Sangat baik
|
3
|
Sering melakukan
|
baik
|
2
|
Kadang-kadang/jarang
melakukan
|
cukup
|
1
|
Tidak pernah
melakukan
|
kurang
|
b.
Contoh Lembar Observasi Teknik
Penskoran
Kelas : Vll
Semester : Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Waktu Pengamatan : Pada waktu jam pelajaran
KD yang diamati :
Perilaku santun, responsif, dan kooperatif
Indikator Sikap :
Lihat pada uraian di atas.
No
|
Nama
|
Skor Sikap Sosial
|
|
|
Jumlah
|
Skor Akhir
|
Kualifikasi
|
|||
Indik. 1
|
Indik. 2
|
Indik. 3
|
Indik. 4
|
Indik. 5
|
Indik. 6
|
|||||
1
|
Asik
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
20
|
(20:24) x4 = 3.3
|
Baik
|
2
|
Asep
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
23
|
(23:24) x4 = 3.8
|
Sangat baik
|
3
|
Gugun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3) Aspek yang
Dinilai dalam Maharah Kalam
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maksimal
|
1
|
Kelengkapan isi
|
25
|
2
|
Kelancaran
|
20
|
3
|
Struktur
|
15
|
4
|
Pilihan Kosa Kata
|
15
|
5
|
Ketepatan ujaran
|
15
|
6
|
Penampilan
|
10
|
|
Jumlah
|
100
|
a. Contoh
Lembar Observasi Performansi
Kelas : Vll
Semester : Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Waktu Pengamatan : Pada waktu jam pelajaran
KD yang diamati : KD
3 dan KD 4
Indikator KD : Lihat pada uraian di atas.
No.
|
Nama
|
Skor peraspek yang diperoleh
|
Skor yang diperoleh
|
|||||
Kelancaran
|
Kelengkapan isi
|
Struktur
|
Kosa kata
|
Isi
|
Penampilan
|
|||
1
|
Wawan
|
15
|
25
|
10
|
10
|
20
|
10
|
90
|
2
|
Dermawan
|
20
|
20
|
10
|
15
|
20
|
10
|
95
|
3
|
Susanti
|
15
|
19
|
10
|
10
|
15
|
10
|
79
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Malang, 23
April 2019
Mengetahui,
Kepala
MTs Guru
Mata Pelajaran
……………………………… ……………………………
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
s
Tidak ada komentar:
Posting Komentar