Jumat, 19 April 2019

RPP Pembelajaran Maharah Kalam Kelas 7 Mengenal warna


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                      : MTs
Mata Pelajaran           : Bahasa Arab
Kelas/Semester          : VII /Ganjil
Tema                          : “al kalam" الألوان
Alokasi Waktu           : 2 x 40 Menit

A.    Kompetensi Inti
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.         Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.


B.     Kompetensi Dasar
1.1     Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa    pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3     Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
4.1  Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik: الألوان
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2  Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang: الألوان
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3  Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang topik: الألوان

C.    Indikator
1.1.1     Peserta didik mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.1     Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman..
4.1.1     Menirukan contoh ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dengan jawabnnya yang benar
4.1.2     Menghafalkan ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dengan jawabnnya yang benar
4.1.3     Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar
4.2.1     Memperagakan ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon dalam teks dialog baik tanpa teks (hafalan) atau dengan teks
4.2.2     Memperagakan teks hiwar dengan tepat
4.2.3     Mampu bertanya dan menjawab dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.4     Menggunakan / mengucapkan mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat
4.3.1    Menceritakan kembali tema yang dipelajari menggunakan ungkapan sederhana dengan baik dan benar
.

D.    Materi Pembelajaran
Wacana lisan dan tulis tentang:   الألوان
إِقْرَأْ كَمَا فِي المِثَالْ!
لَوْنُ الحَقِيْبَةُ بَيَضَاءُ
لَوْنُ البَالُوْنُ رَمَادِىُّ
لَوْنُ البُرتُقَالُ بُرتُقَالِىُ
لَوْنُ السّبًوْرَةُ سَوْدَاءُ
لَوْنُ المَوْزُ أصفَرُ
لَوْنُ القَلَمُ أَزْرَقُ
لَوْنُ السَّاعَةُ خَضَرَاءُ
لَوْنُ الوَرْدَةُ حَمْرَاءُ
لَوْنُ البَيْتُ كرِيْمِي
لَوْنُ الخِدَاءُ وَرْدِيُّ
لَوْنُ البَاذِنْجَانُ بَنَفْسَجِىُّ






إِقْرَأْ كَمَا فِي المِثَالْ!
هَذَا قَلَمٌ لَوْنُهُ أَزْرَقُ
ذَلِكَ مَوْزٌ لَوْنُهُ أَصْفَرُ
هَذِهِ حَقِيْبَةٌ لَوْنُهَا أَبْيَضُ
تِلْكَ سَبُّوْرَةٌ لَوْنُهاَ أَسْوَدُ

عِنْدِيْ خَمْسُ بَالُوْنَاتْ
مُتَنَوِّعَةُ الْأَلْوَانْ
أَخْضَرْ أَصْفَرْ وَأَرْمَدْ
أَحْمَرْ زَاهِي وَأَزْرَقْ
يَنْفَجِرْ بَالُونْ أَخْضَرْ ... دَرْ !
فَقَلِقٌ فُؤَادِي
يَبْقَى الْبَالُونْ أَرْبَعَةْ
أَمْسِكُهَا بِقُوَّةْ

Fungsi sosial
a. Mengenalkan
b. Mengidentifikasi
1.        Struktur teks
a. Memperkenalkan diri
b. Lokasi yang digambarkan
2.        Unsur kebahasaan
a.       Kata tanya          : ما؟، هل؟
b.      Isim isyarah        : هذا، هذه، تلك، ذلك
b Penyebutan jumlah ismiyah : الألوان


E.     Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Ø Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o    Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o   Apersepsi
·         Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
o   Motivasi
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·         Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang  الألوان
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan.
o   Pemberian Acuan;
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·         Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·         Pembagian kelompok belajar
·         Menjelaskan  mekanisme pelaksanaan  pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10 menit
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o  Melihat (tanpa atau dengan alat)
o  Mengamati,
Siswa mengamati pelafalan kata, frasa, dan kalimat bahasa arab yang diperdengarkan tentang الألوان
o  Membaca,
o  Mendengar
Siswa mendengarkan pelafalan kata, frasa, dan kalimat bahasa arab yang diperdengarkan tentang الألوان
o  Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan  secara garis besar/global tentang الألوان
o  Menonton
Menanya
o  Membuat dan mengajukan Pertanyaan,
o  Tanya jawab,
o  Berdiskusi tentang informasi yang belum dipahami, informasi tambahan yang ingin diketahui, atau sebagai klarifikasi.
o  Mengajukan pertanyaan tentang : kata, frasa dan kalimat bahasa arab diperdengarkan atau dipertontonkandalam tayangan tentang الألوان yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya  :
Mengumpulkan Data (Eksperimen/Mengeksplorasi)
o  Mengeksplorasi
o  Mencoba,
Siswa mencoba melafalkan materi tentang الألوان
o  Berdiskusi,
o  Mendemonstrasikan
o  Melakukan eksperimen,  
Mengasosiasikan
o  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan,
o  Menganalisis data dalam bentuk membuat kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena/informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola,
o  Menyimpulkan materi pembelajaran tentang الألوان
Mengkomunikasikan
o  Melafalkan dan memperagakan kata, frasa, dan kalimat bahasa arab yang diperdengarkan tentang الألوان
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
60
menit
Ø Penutup

Peserta didik:

·         Peserta didik melafalkan mufrodat tentang الألوان yang telah dipelajari dalam bentuk lagu secara bersamaan. Mengagendakan pekerjaan rumah.

·         Mengagendakan materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru:

·         Mengecek ulang pemahaman peserta didik yang terkait dengna makna-makna ungkapan الألوان

·         Guru bersama peserta didik membuat kongklusi tentang materi yang baru dipelajari.

·         Guru meminta peserta didik untuk memberikan refleksi tentang materi yang baru dipelajari.

·         Guru memberikan tugas peserta didik untuk selalu memperaktikan ungkapan warna atau menaya kepada temannya prihal الألوان dalam bahasa arab

·         Kegitan ini dilaporkan kepada guru dalam bentuk portopolio atau jurnal

·         Guru meminta peserta didik untuk mengulangi materi الألوان dan mempelajari materi selanjutnya di rumah.

·         Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

10 menit


 F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.       Sikap
-        Penilaian Diri
-        Penilaian Jurnal
-        Penilaian Observasi
-        Penilaian Teman Sebaya
b.      Pengetahuan
-        Tes Lisan
-        Penugasan
-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda
c.       Keterampilan
-        Penilaian Portofolio
-        Penilaian Proyek
-        Penilaian Unjuk Kerja

1.      Bentuk Instrumen dan instrument
2.      Pedoman Penskoran
Jenis/TeknikPenilaian
Bentuk Instrumen
Dan Instrumen
Pedoman Penskoran
a.       Sikap
Diri
Terlampir
terlampir

Jurnal
Terlampir
terlampir

Observasi
Terlampir
terlampir

TemanSebaya
Terlampir
terlampir
b.      Pengetahuan
TesLisan
Terlampir
terlampir

Tertulis Uraian dan atau PG
Terlampir
terlampir

Penugasan
Terlampir
terlampir
c.       Keterampilan
Portofolio
Terlampir
terlampir

Proyek
Terlampir
terlampir

UnjukKerja
Terlampir
terlampir
3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
            Pembelajaran Remedial dan Pengayaan dilakukan segera setelah kegiatan penilaian
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran                         
Ø  Media :
o    Gambar power pint, video.

Ø  Alat/Bahan :
o   Laptop,
o   Lcd Proyektor, Slide

Ø  Sumber Belajar :
o   Buku Paket Bahasa Arab kelas VII, kamus
o   Buku-buku lain yang relevan

H. PENILAIAN

A.    Penilaian
a.       Ranah yang dinilai      : sikap dan Performansi berbahasa Arab (maharah kalam)
b.      Teknik Penilaian          : Observasi dan Performansi
c.       Instrumen                    : Lembar observasi sikap dan performansi (maharah kalam).
d.      Contoh Instrumen Penilaian

1)      Sikap Spiritual

No
Butir KD  yang Dinilai
Indikator

Jumlah butir instrumen
1
Mensyukri Anugrah Tuhan
Membiasakan penggunaan bahasa Arab sebagai alat komunikasi di kelas maupun di luar kelas dengan guru dan teman..

1
membiasakan hadir tepat waktu dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di kelas.
1
Selelu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru bahasa Arab.
1






Contoh Implementasi:

a.       Rentangan Skor
Skor
Kreteria
Kualifikasi
4
Selalu melakukan (≥ 3.5)
Sangat baik
3
Sering melakukan ( 2,5 s.d 3,4)
baik
2
Kadang-kadang/jarang melakukan (1,5 s.d 2,4)
cukup
1
Tidak pernah melakukan (≤ 1,4)
kurang

b.      Contoh Lembar Observasi Teknik Penskoran
Kelas                                : VII
Semester                           : Ganjil
Mata Pelajaran                 : Bahasa Arab
Waktu Pengamatan          : Pada waktu jam pelajaran
KD yang diamati             : Mensyukuri Anugrah Tuhan
Indikator Sikap                : Lihat pada uraian di atas.

No
Nama
Skor Sikap Spiritual
Jumlah
Skor Akhir
Kualifikasi
Indikator 1
Indikator 2
Indikator 3
1
Nurul
3
3
4
10
(10:12) x 4= 3.3
baik
2
Nuril
4
4
4
12
(12;12) x 4= 4
Sangat baik
3
Nona
3
4
4
11
(11:12) x 4 = 3.7
Sangat baik
4







                                                                                               
2) Sikap Sosial

No.
Butir KD yang Dinilai
Indikaator

Jumlah butir instrumen
1
Santun
·   Meyampaikan salam kepada guru dan teman pada saat bertemu dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar.
1
·   Menyampaikan salam kepada guru dan teman pada saat pamitan (berpisah) dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar
1


·     Meminta izin kepada guru ketika hendak izin keluar kelas dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar.

1
2
responsif
·  Merespon salam guru dan teman dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar.
1
·  Merespon pertanyaan guru dan teman dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar
1
3
Kooperatif
·  Berkomunikasi dengan teman secara berpasangan yang terkait dengan keluarga
1


Contoh Implementasi:

a.       Rentangan Skor
Skor
Kreteria
Kualifikasi
4
Selalu melakukan
Sangat baik
3
Sering melakukan
baik
2
Kadang-kadang/jarang melakukan
cukup
1
Tidak pernah melakukan
kurang

b.      Contoh Lembar Observasi Teknik Penskoran
Kelas                                : Vll
Semester                           : Ganjil
Mata Pelajaran                 : Bahasa Arab
Waktu Pengamatan          : Pada waktu jam pelajaran
KD yang diamati             : Perilaku santun, responsif, dan kooperatif
Indikator Sikap                : Lihat pada uraian di atas.
            No

Nama
Skor Sikap Sosial


Jumlah
Skor Akhir
Kualifikasi
Indik.        1
Indik. 2
Indik. 3
Indik. 4
Indik. 5
Indik. 6
1
Asik
4
3
4
3
3
3
20
(20:24) x4 = 3.3
Baik
2
Asep
3
4
4
4
4
4
23
(23:24) x4 = 3.8
Sangat baik
3
Gugun









4














3) Aspek yang Dinilai dalam Maharah Kalam

No.
Aspek yang dinilai
Skor Maksimal
1
Kelengkapan isi
25
2
Kelancaran
20
3
Struktur
15
4
Pilihan Kosa Kata
15
5
Ketepatan ujaran
15
6
Penampilan
10

Jumlah
100


a.       Contoh Lembar Observasi Performansi
Kelas                                : Vll
Semester                           : Ganjil
Mata Pelajaran                 : Bahasa Arab
Waktu Pengamatan          : Pada waktu jam pelajaran
KD yang diamati             : KD 3 dan KD 4
Indikator KD                   : Lihat pada uraian di atas.

No.

Nama
Skor peraspek yang diperoleh
Skor yang diperoleh
Kelancaran
Kelengkapan isi
Struktur
Kosa kata
Isi
Penampilan
1
Wawan
15
25
10
10
20
10
90
2
Dermawan
20
20
10
15
20
10
95
3
Susanti
15
19
10
10
15
10
79
4









                                                                                                   Malang, 23 April 2019

        Mengetahui,
        Kepala MTs                                                                        Guru Mata Pelajaran




      ………………………………                                             ……………………………
      NIP/NRK.                                                                            NIP/NRK.

Catatan Kepala Sekolah
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
      s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar