Seleksi Adminitrasi adalah seleksi awal yang harus dilalui bagi
semua peserta LPDP. Dalam seleksi ini, dokumen pesertalah yang diseleksi secara
online. Setelah memiliki akun LPDP (seperti yang saya jelaskan di TIPS MENJADI
AWARDEE LPDP PART 1), seluruh peserta mendaftarkan diri secara online dan
menginput seluruh dokumen persyaratan yang sudah di scan dan dijadikan PDF
dengan maksimal kapasitas 1Mb. Agar memudahkan anda, sebaiknya file diurutkan
berdasarkan list persyaratan LPDP. Dan memberi nama file sesuai dengan urutan
listnya pula. Contoh, yg harus diinput pertama misalkan Ijasah, anda dapat
memberi nama filenya berupa: 01_SITIKHODIJAH_IJASAH. Begitu seterusnya.
LPDP dapat mengetahui sejauh mana persiapan peserta LPDP hanya dari
data diri dan dokumen persyaratan peserta. Untuk memudahkan anda, disini saya
akan memberi tips berdasarkan pengalaman saya sebagai peserta Afirmasi alumni
Bidikmisi. Berikut dokumen yang harus diinput kategori bacth 4 2016:
A.
Ijasah
Untuk yang tahun ini ijazah yang harus dilampirkan adalah ijazah
mulai dari SD-S1. Bagi peserta LPDP yang baru saja melakukan sidang skripsi
ataupun wisuda dan belum mempunyai ijasah, anda dapat melengkapi persyaratan
yang satu ini dengan menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang didapat dari
setiap universitas masing-masing. Sangat muda bukan?
B.
Transkip Nilai
Peserta
LPDP biasanya mendapatkan transkip nilai bersamaan dengan Surat Keterangan
Lulus (SKL). Dengan demikian dua persyaratan ini sudah anda lalui. Anda akan
merasa lega begitu satu persatu persyaratan dapat anda penuhi. Hal tersebut
adalah bahan bakar semangat anda untuk memenuhi persyaratan-persyaratan
selanjutnya.
C.
Surat Rekomendasi
Surat
rekomendasi ini penting dan dapat menjadi point ketika calon awerdees
sampaikan saat wawancara. Surat rekomendasi bisa dari tokoh masyarakat, dari
atasan bagi yang sedang bekerja, bisa juga dari Ketua Jurusan, Dekan bahkan
Rektor. Secara tidak langsung surat rekomendasi ini adalah perantara yang dapat
dibaca oleh penilai bahwa dengan siapa kita dekat? Apa peran yang membuat
rekomendasi untuk kita terhadap jenjang kuliah yang sudah kita lakukan dan akan
kita tuju?
Setiap
peserta minimal mendapatkan satu surat rekomendasi. Ketika pendaftaran saya
mendapat rekomendasi dari Rektor dan Direktur PPBA UIN Malang. Tidak mudah
mendapatkan surat rekomendari karena beberapa dosen yang saya minta menyarankan
untuk meminta surat rekomendasi yang minimal sudah memiliki gelar doktor dan
memiliki peran penting dengan jurusan yang saya ambil. Alhamdulillah bukan
hanya surat rekomendasi yang saya dapat tapi doa serta dukungan dari beliau
membakar semangat saya untuk terus berjuang.
D.
Surat Keterangan Tidak Mampu
Peserta
Afirmasi Bidikmisi atau Miskin Berprestasi dapat mendapatkan surat keterangan
tidak mampu ini dari Kepala Desa dengan melalui beberapa tahap:
1.
Meminta
pengantar dari ketua RT yang sudah ditanda tangai beserta stempel basah RT
2.
Kemudian
membawanya kepada ketua RW untuk mendapatkan tanda tangan dan stempel
3.
Mendatangi
kantor kepala Desa untuk mendapatkan tanda tangan dan stempel Kepala Desa
4.
Di setujui
oleh Ketua Kecamatan dengan membubui tanta tangan serta stempel.
E.
Slip Gaji Orang Tua
Bagi
peserta yang orang tuanya memiliki pekerjaan tetap dan mendapat gaji setiap
bulannya. Slip gaji ini dapat dimiliki dari kantor/perusahaan tempat orang tua
bekerja. Namun jika orang tua bekerja sebagai wiraswasta, orang tua dapat
membuat surat pernyataan tentang hasilnya selama satu bulan diatas kertas yang
ditandatangani diatas materai.
F.
Rekening Listrik
Rekening
listrik ini tidak jauh beda dengan slip gaji orang tua. Jika rekening listrik
dirumah peserta adalah manual, maka peserta bisa memiliki rekening listrik 3
bulan terakhir dari bukti pembayaran yang sudah berlalu.
Namun
jika menggunakan token listrik, orang tua peserta wajib membuat pernyataan
tentang jumlah tagihan listrik selama
bulan terakhir dengan bertanda tangan diatas materai.
G.
SK Bidikmisi
Bagi
peserta Afirmasi Bidikmisi dapat meminta SK Bidikmisi di Universitasnya
masing-masing melalui BAK atau Bagian Kemahasiswaan. Pastikan nama lengkap
peserta tidak salah dalam penulisan, dan beri tanda menggunakan stabilo atau
sejenisnya agar pihak LPDP dapat menemukan nama anda dengan mudah.
H.
Sertifikat Lainnya
Dalam kategori
ini, peserta dapat menyiapkan segala bentuk sertifikat yang mendukung dan patut
dipetimbangan untuk menjadi Awardee LPDP seperti piagam penghargaan,
kejuaraan, sertifikat seminar ataupun workshop, SK penelitian dll. Pilihlah yang
benar-benar memiliki bobot untuk dapat dipertimbangkan. Karena kapasitas file
yang di upload hanya 1Mb.
I.
Sertifikat Bahasa
Menurut
apa yang ada disekitar saya, sertifikat bahasa yang dilampirkan ada dua pilihan
Bahasa Inggris atau Bahasa Arab. Tipsnya adalah calon awerdees jangan
sampai salah melampirkan sertifikat bahasa ketika mendaftar, contohnya: calon awerdees
alumni Bahasa Sastra Arab UIN Malang, dan kampus tujuannya adalah UGM maka yang
dilampirkan adalah setifikat bahasa Inggris bukan bahasa Arab. Kenapa? Karena
calon awerdees juga harus menyetarakan sertifikat bahasa dengan tujuan
Universitasnya. Dan di UGM memang mewajibkan seluruh mahasiswanya melampirkan
sertifikat TOEFL maka yang belaku adalah sertifikat TOEFL bukan TOAFL.
Berbeda
jika calon awerdees alumni Bahasa Sastra Arab UIN Malang, dan kampus
tujuannya adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, maka tidak masalah jika calon
awerdees melampirkan sertifikat bahasa Arab.
J.
Surat Keterangan Sehat, Anti Narkoba dan TBC
Teman-teman
calon awerdees, perlu diketahui bahwa surat keterangan sehat, anti
narkoba dan TBC (yang TBC khusus untuk keluar Negeri) wajib dilampirkan saat mendaftar
LPDP. Dan yang diterima oleh LPDP adalah surat keterangan sehat, anti narkoba
dan TBC dari Rumah Sakit Daerah/Puskesmas/Klinik pemerintah.
Masalah
yang sering saya dengar adalah kurangnya pengetahuan tentang biaya dari surat
kesehatan tersebut. Tapi yang perlu calon awerdees pertimbangkan adalah
biayanya. Sebelum melakukan tes kesehatan calon awerdees dapat
menanyakan biayanya dan membandingkan dengan Rumah Sakit Daerah yang lain.
Kemudian dapat memilih biaya yang lebih ringan agar sisa dana yang dimiliki
dapat melengkapi persyaratan yang lainnya.
K.
Kartu Keluarga
Yang
dilampirkan untuk Kartu Keluarga ini adalah kartu keluarga terbaru. Jika pada
tahun 2015 peserta memiliki adik kandung yang baru lahir, maka yang diampirkan
ini harus ada nama anggota keluarga secara lengkap.
Bagi
yang baru menikah dan belum memiliki tempat tinggal tetap untuk memiliki Kartu
Keluarga baru bersama suami/istrinya, peserta dapat menggunakan kartu keluarga
bersama Ayah, Ibu dan saudara.
Demikian
adalah tips berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman awardee lainnya
pada saat berjuang memenuhi tes administrasi. Jika ada hal yang ingin
ditanyakan silahkan tulis dikomentar bawah insyaAllah akan saya jawab. Dan jika
ada kekurangan ataupun kesalahan, secara tulus saya minta maaf. Semoga tips ini
bermanfaat dan selamat berjuang untuk menjadi Awardee selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar